5 Manfaat Lidah Buaya Selain Menyuburkan Rambut 

5 Manfaat Lidah Buaya Selain Menyuburkan Rambut 

Metroterkini.com – Gel lidah buaya dikenal dengan berbagai manfaatnya. Salah satu manfaat lidah buaya yang paling populer adalah menyuburkan rambut. Selain itu, lidah buaya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional dan memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. 

Tanaman yang tumbuh di iklim tropis ini dapat meredakan sakit perut hingga memperlambat penyebaran kanker. Selengkapnya, berikut adalah 5 manfaat lidah buaya untuk kesehatan, dilansir dari Healthline, 28 Agustus 2020. 

1. Meredakan gejala asam lambung 
Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan yang menimbulkan beberapa gejala, salah satunya adalah perut mulas.

Sebuah tinjauan pada tahun 2010 mengatakan, konsumsi 1 hingga 3 ons gel lidah buaya pada waktu makan dapat meredakan gejala GERD. Lidah buaya juga dapat meringankan masalah kesehatan lain yang terkait sistem pencernaan. 

2. Menurunkan gula darah 
Mengonsumsi dua sendok makan jus lidah buaya per hari dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2. Dengan demikian, lidah buaya berpotensi dijadikan sebagai obat diabetes. 

Hal ini telah dikonfirmasi oleh studi yang dipublikasikan oleh Phytotherapy Research. Namun, penderita diabetes yang mengonsumsi obat penurun glukosa harus berhati-hati saat mengonsumsi lidah buaya. 

3. Obat pencahar alami 
Lidah buaya dianggap sebagai obat pencahar alami. Sejumlah penelitian pun telah mengaitkan lidah buaya dengan kesehatan sistem pencernaan. 

The Mayo Clinic merekomendasikan dosis lidah buaya untuk meredakan sembelit. Mereka menyarankan dosis 0,04-0,17 gram jus lidah buaya sudah cukup untuk mendapatkan manfaat tersebut. 

Penting untuk dicatat bahwa penderita penyakit Crohn, kolitis, atau wasir sebaiknya tidak mengonsumsi lidah buaya karena dapat menyebabkan kram perut. 

4. Merawat kesehatan kulit 
Lidah buaya dapat digunakan untuk menjaga kulit agar tetap bersih, sehat, dan terhidrasi. Untuk bertahan hidup, lidah buaya harus menyimpan air. Air yang dikombinasikan dengan karbohidrat kompleks menjadikan lidah buaya sebagai pelembap yang efektif. Baca juga: 

5. Berpotensi melawan kanker payudara 
Sebuah studi baru yang dipublikasikan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melihat adanya sifat terapeutik dari aloe emodin, senyawa dalam daun tanaman. 

Para peneliti mengatakan bahwa lidah buaya menunjukkan potensi dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim kesehatan ini. [**]
 

Berita Lainnya

Index